Cara Seduh V60

V60 adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk menyeduh kopi dengan metode manual brew, tepatnya metode pour over. Metode ini dilakukan dengan mengalirkan air ke dalam bubuk kopi melalui filter yang kemudian menghasilkan cairan yang menetes ke gelas atau pot saji. 

Metode pour over dapat dilakukan oleh barista pemula hingga profesional. Hampir setiap kedai kopi menyediakan kopi yang disajikan dengan metode yang mampu menghasilkan profil rasa yang jernih ini. 

Selain V60, Anda juga bisa menggunakan perangkat Kalita Wave dan Chemex untuk metode yang sama.

Bagian-Bagian Alat Seduh V60

Alat seduh kopi ini disebut V60 karena bentuknya menyerupai huruf V dengan sudut lancip 60 derajat. Cara seduh menggunakan dripper tersebut menghasilkan kopi tetes demi tetes secara perlahan dan membutuhkan kertas sebagai penyaring. 

Biasanya, V60 dibuat dari bahan keramik dan berbentuk kerucut atau corong dengan ujung runcing dan memiliki sebuah lubang tetes. V60 didesain dengan alur pada permukaannya yang berfungsi untuk mempercepat air mengalir ke dripper

V60 menggunakan decanter terpisah atau menggunakan wadah lain untuk menampung hasil ekstraksi. Hasil seduhan dari alat V60 memiliki rasa dan aroma yang lebih ringan daripada Chemex karena menggunakan coffee server terpisah. 

Ekstraksi dari V60 dapat mencapai 2 hingga 3 cangkir, tergantung ukurannya V60 itu sendiri. Untuk ukuran kecil, biasanya hanya dapat menghasilkan 1 sampai 2 cangkir. 

Cara Menyeduh Kopi V60

Teknik penggunaan V60 termasuk kategori manual brew karena seluruhnya menggunakan tenaga manusia. Menghasilkan kopi dari V60 yang disebut pour over, yaitu penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada bubuk kopi yang diisikan ke dalam filter. 

Untuk menyeduh, Anda juga memerlukan ketel dengan leher angsa agar hasil penuangan bisa berlangsung konstan. Jika tidak ada, sebagai alternatif Anda dapat menggunakan ketel biasa dengan leher menyempit. 

Selain itu, Anda juga memerlukan timbangan digital untuk takaran yang lebih akurat daripada sekadar kira-kira saja. 

Setelah mempersiapkan alat-alat, takar sekitar 15 gram bubuk kopi yang sudah digiling kasar. Untuk airnya, gunakan air panas dengan suhu 90 derajat Celcius atau air mendidih yang didiamkan selama kurang lebih dua menit. 

Sesudah itu, ikuti langkah berikut untuk menyeduh kopi menggunakan alat seduh V60:

  1. Siapkan gelas, letakkan V60 dripper dan filter di atasnya.
  2. Basahi filter dengan air panas sebelum diletakkan di atas cangkir.
  3. Masukkan bubuk kopi pada dripper, kemudian seduh dengan gerakan memutar secara konsisten dan perlahan.
  4. Penuangan air pertama dilakukan hingga timbangan menunjukkan angka 30ml, tunggu sampai 45 detik untuk mengeluarkan karbondioksida. 
  5. Penuangan kedua dilakukan untuk memperoleh keasaman hingga 80 ml, diamkan selama 45 detik.
  6. Selanjutnya, tuangan untuk mendapatkan body dilakukan hingga air mencapai angka 150ml, lalu biarkan 30 detik.
  7. Terakhir, tuangkan hingga 195ml. Angkat dripper sebelum tetesan terhenti agar seduhan yang terakhir tidak tercampur.

Cara Perawatan V60

Membuat kopi dengan metode pour over menggunakan V60 akan menghasilkan rasa yang spesifik. Wajar saja, soalnya kopi dihasilkan dari ekstraksi bubuk kopi yang jatuh secara perlahan ke dalam pot saji. 

Alat ini mempunyai beberapa kelebihan, seperti ringan, praktis, dan mudah dibersihkan. Anda pun dapat mengeksplorasi rasa lebih banyak dengan sering menggunakan V60. 

Seperti alat kopi yang lain, Anda akan menemukan noda sisa minyak kopi yang melekat pada V60 setelah digunakan. Noda tersebut biasa menempel pada coffee server atau dinding alat kopi. 

Sisa-sisa kopi yang tidak dibersihkan, akan membuat wadah terlihat cokelat dan memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Pada alat seduh, bekas kopi juga akan membuatnya lebih cepat rusak selain membuat penampilannya kotor. 

Untuk mengatasi noda bekas kopi yang membandel, gunakan baking soda. Masukkan baking soda ke dalam alat kopi yang akan dibersihkan, secukupnya. 

Gosok dengan sikat atau spons pencuci piring secara perlahan. Pada bagian yang sulit dijangkau, campurkan baking soda dengan air lalu kocok sampai berbusa. Kocok berulang-ulang hingga noda kopi hilang lalu bilas sampai bersih. Selain baking soda, Anda pun dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan alat seduh kopi yang berbentuk bubuk atau tablet.  Jika dapat menggunakan dan merawat V60 dengan baik, Anda bisa menghasilkan kopi yang enak dari alat tersebut lebih lama. Karena bekerja secara manual, alat kopi ini cocok untuk digunakan di rumah atau kedai kecil yang ingin menghemat biaya operasional. Sebagai mesin manual, tentunya flair sangat banyak membantu dari efisiensi tenaga dan biaya.

Jika sudah dapat menghasilkan seduhan dengan body tebal, dan rasa yang mantap, artinya Anda sudah berhasil menggunakan alat ini dengan benar. 

Leave a Reply