Peralatan barista, Selain berbagai variasi gelas, seorang barista juga membutuhkan berbagai macam peralatan bar lainnya untuk menunjang hasil akhir minuman yang ia buat. Di antara sekian banyak alat yang dapat dengan mudahnya Anda temukan, setidaknya beberapa hal dasar ini harus Anda miliki dan kuasai.

Berbagai Jenis Peralatan Barista

  • Peralatan Barista Satu set alat shaker

Salah satu alat yang cukup sederhana namun sangat bermanfaat untuk mengocok campuran minuman.

Secara umum, alat ini terdiri dari tiga bagian: bagian badan digunakan untuk menampung minuman yang akan dikocok, bagian leher untuk menyaring minuman sebelum jatuh ke bagian badan, serta bagian atas adalah tutup untuk menjaga minuman tidak tumpah selama proses pengocokan.

  • Cocktail strainer

Alat yang berguna untuk menyaring cocktail dari shaker ke gelas saji sehingga tak ada es batu yang ikut terbawa. 

Ada beberapa tipe strainer yang dapat Anda pilih, mulai dari hawthorn, julep, dan fine strainer. Masing-masing tipe memiliki karakteristiknya sendiri. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda serta tingkat kemampuan Anda dalam menggunakannya.

Tipe yang paling umum digunakan adalah tipe hawthorn strainer. Bentuknya cukup mudah dikenali karena Anda akan melihat beberapa lubang di kepalanya serta pegas yang mengitari sisi bagian luarnya.

Guna memudahkan dalam penggunaannya, pilih yang memiliki layaknya “telinga” di sisi samping. Fungsinya adalah untuk tempat strainer berpijak di mulut gelas atau shaker sehingga Anda tak perlu khawatir strainer akan bergeser dan menyebabkan cocktail tumpah berceceran.

  • Peralatan Barista Cork screw

Pernahkah Anda memperhatikan dengan saksama bagaimana penampang dari botol wine atau anggur? Terutama di bagian atasnya, benda apa yang digunakan untuk berfungsi sebagai tutup botol? Tentu saja bukan dari logam seperti minuman berkarbonasi, tetapi menggunakan gabus.

Karena seorang barista akan banyak berurusan dengan membuka botol-botol anggur, jangan lupa siapkan alat khusus untuk membuka tutup gabus ini. Meski gabus terkesan ringan, namun jangan asal mencabutnya menggunakan tangan kosong.

Pakailah cork screw, sebuah alat yang memang khusus dipakai untuk membuka tutup gabus. Cara menggunakannya pun mudah. 

Pertama, hilangkan terlebih dahulu plastik yang menyelimuti leher botol. Kamudian, ambil cork screw dan tancapkan sisi yang tajam ke tengah gabus. Angkat tegak bagian lengan lalu putar searah jarum jam. Gunakan kenop pada bagian atas cork screw.

Putar terus hingga gabus benar-benar masuk. Lalu, tarik lengan secara bersamaan hingga gabus benar-benar keluar dari botol.

  • Peralatan Barista Brandy heater

Sama seperti namanya, alat ini bermanfaat untuk menghangatkan gelas irish coffee atau gelas brandy. 

Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Pertama, letakkan terlebih dahulu minuman ke dalam gelas lalu nyalakan lilin yang sudah disediakan di bagian bawah brandy heater

Ketika minuman tersebut dirasa sudah mulai menghangat, putar pegangan gelas untuk mendapatkan panas yang merata ke seluruh sisi gelas dan minuman. Setelah merata, maka anggur siap untuk disesap.

Mengapa anggur atau wine ini harus dihangatkan? Tujuannya adalah untuk memberi sensasi lembut yang kuat dan kehangatan yang tentu akan sangat nikmat disesap pada saat musim dingin tiba.

Karena prinsipnya adalah hanya untuk menghangatkan, maka jangan lupa untuk menjaga temperatur agar jangan sampai terlalu panas, apalagi sampai mendidih. Karena ini adalah alat manual, Anda harus banyak berlatih untuk mendapatkan waktu dan temperatur yang pas. 

  • Wine cooler atau champagne buck

Bentuknya sangat mirip seperti ember pada umumnya, hanya saja terbuat dari stainless steel dengan dua telinga kecil di bagian kanan dan kiri. Mulut ember pada umumnya lebih lebar dibandingkan dengan bagian bawahnya.

Fungsinya adalah untuk mendinginkan champagne atau anggur putih (white wine). Caranya, siapkan ember dengan es batu yang cukup banyak. Lalu tancapkan botol anggur ke dalamnya.

  • Wine cooler stand

Ketika botol anggur sudah didinginkan, untuk menaruhnya kembali Anda akan membutuhkan wine cooler stand

  • Mixing glass

Gelas ini bukanlah sebarang gelas , namun gelas yang berguna untuk mencampur atau membuat minuman dengan teknik diaduk (stirring).

  • Jigger 

Ada yang terbuat dari logam dan gelas kaca, namun keduanya sama-sama bermanfaat untuk mengukur minuman menggunkaan takaran tertentu.

Jadi, inilah delapan peralatan bar utama yang harus dimiliki seorang barista. Almergo bisa membantu Anda melengkapi koleksi dengan kualitas yang sudah terjamin.

Leave a Reply