Termos Kopi | Termos Air Panas | Termos Kecil

termos diatas meja

Termos kopi adalah salah satu barang yang krusial untuk menunjang liburan Anda. Selain bisa untuk menyimpan kopi, Anda yang peminum teh pun dapat memanfaatkan barang ini untuk menyimpan minuman Anda sehingga hangatnya tetap terjaga tanpa perlu repot memanaskan air berulang kali.

Karena itulah, penting untuk memilih termos kopi yang berkualitas baik, tahan bocor, serta mampu menahan panas dengan maksimal. Namun, tahukah Anda bagaimana cara membedakan termos yang memiliki kualitas baik dan tidak? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bahan Pelapis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, cek dahulu bahan pelapisnya. Di pasaran, Anda akan dengan mudah menemui termos dengan beragam bahan, mulai dari stainless steel, aluminium, kaca, bahkan plastik. Semua memiliki karakteristiknya masing-masing.

Plastik adalah bahan yang kurang baik. Selain karena daya tahannya pada suhu panas kurang maksimal, penggunaan plastik juga berbahaya karena akan melarutkan zat-zat tidak baik bagi tubuh ke dalam air yang Anda masukkan ke dalamnya. 

Sebagai alternatif, bahan stainless steel dan aluminium lebih baik dalam menjaga suhu panas dan tentunya sangat aman untuk digunakan. Selain faktor fungsi, kedua bahan ini juga lebih kokoh, kuat, dan tidak mudah pecah. Dari segi estetika juga umumnya bahan dasar logam lebih baik daripada plastik.

Jadi, jangan mudah terhasut oleh desain yang unik saja, ya! Akan tetapi, jangan lupa perhatikan kualitas bahannya.

Termos Untuk Menjaga Suhu Minuman

Kedua, pastikan apakah termos yang Anda butuhkan hanyalah untuk menahan panas atau Anda juga ingin menyimpan minuman dingin tanpa khawatir suhunya naik mengikuti temperatur ruangan. 

Dahulu, termos identik dengan menahan suhu panas. Namun, kini telah ada teknologi yang membuat suhu dingin pun terakomodasi oleh termos. Terlebih lagi untuk Anda yang lebih senang dengan cold brew dibandingkan espresso panas, pertimbangkan untuk membeli yang mampu menahan kedua suhu.

Ada banyak variabel yang terlibat. Anda belum menentukan jumlah air dalam wadah, yang mungkin merupakan variabel paling penting. Tingkat kehilangan panas tergantung pada luas permukaan, sedangkan kadar panas tergantung pada volume, sehingga memiliki volume yang besar akan memaksimalkan waktu untuk suhu untuk turun dalam jumlah tertentu. dapat menahan panas selama sekitar 24 jam. Labu ‘Everyday’ menahan panas selama sekitar 12 jam. Untuk model yang lebih murah, mungkin sekitar 6-8 jam. (Tidak ada indikasi di situs web produsen tentang parameter untuk pengujian ini.)

Saran yang biasa adalah merebus air sebanyak yang Anda butuhkan, pastikan elemen tersebut tertutup (dalam ketel listrik). Dalam hal ini ada sedikit atau tidak ada air yang disimpan antara penggunaan, dan sedikit kebutuhan untuk isolasi. (Seperti jawaban terkait untuk Mengapa ceret domestik tidak terisolasi? Tunjukkan, waktu mendidih cukup singkat – sekitar 15 hingga 60-an – sehingga ada sedikit waktu untuk kehilangan banyak panas selama penggunaan.)

Ukuran Termos dan Kapasitas Wadah

Ketiga namun tak kalah penting adalah ukuran. Apabila Anda tak membutuhkan ukuran besar, ukuran 200 mL mungkin sudah cukup mengakomodasi kebutuhan Anda. Namun apabila kurang, Anda juga bisa memilih termos dengan kapasitas lebih dari 1 L.

Pemakaian personal pada umumnya membutuhkan kurang lebih 200–500 mL. Akan tetapi, apabila Anda  ingin menyiapkan air panas untuk minum kopi selama perjalanan wisata bersama keluarga, pilihlah yang berkisar antara 1,5–2,5 L.

Desain Fungsional

Keempat adalah fungsionalitas desain. Beberapa termos memiliki desain yang sangat lucu namun kurang menunjang fungsinya. Contohnya terlalu gemuk sehingga sulit dimasukkan ke dalam dudukan gelas yang ada di mobil. 

Salah satu contoh yang desainnya cukup baik adalah pilih yang diameternya berukuran standar. Jadi, akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tas atau mobil. Tutup atas termos juga ada yang dapat berfungsi sebagai gelas, memudahkan Anda minum tanpa perlu menyediakan gelas secara terpisah. 

Apakah Anda bermaksud membeli termos untuk anak-anak usia sekolah? Bisa juga pilih termos yang menyediakan sedotan langsung di dalamnya. Hal ini membuat Anda tak perlu pusing memikirkan bagaimana anak Anda akan minum dari termos tersebut.

Pilih Almergo yang Berkualitas

Termos Unik Almergo Naturalist

Anda bisa mendapatkan keempat tips di atas dengan memilih termos kopi keluaran brand Almergo. Secara kualitas, Anda tak perlu khawatir karena telah teruji 100 food grade, aman untuk minuman. 

Bahannya juga terbuat dari logam yang berkualitas dan mampu untuk menahan suhu panas selama 8–10 jam. Ingin memanfaatkannya untuk minuman dingin? Tentu saja bisa! Berkat kualitas bahan pelapis yang prima, termos ini bisa Anda andalkan untuk minuman dengan rentang temperatur yang luas.

Tak perlu khawatir mengenai ukuran dan desain. Almergo menawarkan berbagai pilihan, mulai dari yang berukuran kecil hingga paling besar. Sehingga, Anda tak perlu merasa kesulitan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan lainnya dari adalah kemudahannya dalam mencuci dan merawat untuk pemakaian jangka panjang. Beberapa termos lain kerap sulit dicuci karena diameter dalamnya terlalu sempit. Sehingga, sulit untuk memasukkan spons pencuci ke dalamnya secara maksimal.

Selain itu, ada juga yang mudah berubah warna akibat kopi. Namun, Anda tak perlu khawatir karena perawatan cukup dicuci menggunakan spons biasa serta tak mudah bernoda. 

Setelah membahas keunggulan termos kopi Almergo, apakah Anda masih tertarik dengan merek lainnya?

Leave a Reply