Rancilio SilviaRancilio Silvia

Para pencinta kopi yang ingin melebarkan sayap menjadi seorang barista, baik dalam skala profesional untuk kedai kopi ternama maupun home barista, pasti telah paham bahwa untuk menghasilkan kopi yang paripurna, dibutuhkan mesin espresso yang baik. Rancilio Silvia adalah salah satu  yang disarankan.

Banyak orang berpendapat bahwa mesin ini adalah “tiket emas” untuk dapat menjadi home barista yang mumpuni. Alasannya beragam, mulai kualitas mesin yang tangguh hingga hasil akhir ekstraksi biji atau bubuk kopi yang mumpuni. Ukurannya pun tak terlalu besar dibandingkan dengan mesin kopi lainnya.

Meski bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan komersial, karena keterbatasan kapasitas espresso yang dapat disajikan dalam sekali pengolahan membuatnya kurang ideal digunakan untuk bisnis skala menengah atau besar.

Mesin yang masuk kategori profesional dan “serius” ini pada dasarnya merupakan alat semiotomatis, bukan sepenuhnya manual. Namun, bukan berarti Anda tak perlu mempelajari teknik-teknik dasar untuk melakukan ekstraksi. Tujuannya supaya Anda dapat memodifikasi hasil akhir espresso sesuai selera.

Rancilio Silvia + Grinder Rocky Rancilio - Coffee Grinder Rocky SD Rancilio - Coffee Grinder Rocky SD

Perhatikan bagaimana cara pakai doser atau doserless grinder karena di sinilah letak kenikmatan kopi berasal. Tanpa grinder yang baik, mesin ini akan sulit bekerja dengan maksimal. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Rancilio Silvia keluaran brand Almergo ini telah dilengkapi dengan grinder Rocky.

Untuk menciptakan sendiri cita rasa espresso versi Anda, mesin ini membuat Anda bebas berkreasi dengan water flow dan steam. Namun, untuk tekanan air serta temperatur, pengaturan mesin ini telah otomatis. Karena waktunya harus diatur secara manual, maka pump yang ada juga tidak otomatis.

Dalam satu paket mesin yang Anda beli, sudah dilengkapi dengan handle portafilter sebanyak satu buah seberat 600 gram dengan kualitas kelas komersial, single basket dan double sebanyak satu buah, tamper plastik, sendok kopi, blind filter yang sangat berguna ketika backflush, serta buku manual.

Dengan kelengkapan alat seperti ini serta buku petunjuk yang jelas, Anda tak perlu khawatir akan merasa kebingungan dalam mengoperasikannya. Bahkan, sangat cocok juga untuk Anda yang baru akan belajar menjadi barista dari nol.

Aman Digunakan

Aspek keamanan juga mendapat perhatian khusus sehingga semua mesin Almergo dirancang untuk dapat dioperasikan dengan seminimal mungkin risiko kecelakaan.

Pada mesin kopi ini, Anda tak perlu takut terkena panas berlebih meskipun hampir keseluruhan badan mesin dilapis dengan stainless steel. Hal ini karena tuas steam tip dilapis oleh pelindung berbahan plastik. Jadi, selain lebih estetik, juga lebih aman dan nyaman digunakan.

Langkah-Langkah Penggunaan Rancilio Silvia

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam mengoperasikan alat ini. Pertama, isi tempat penampung air dengan kapasitas 2 L. Pastikan kabel telah tersambung ke soket listrik dan nyalakan tombolnya. 

Kemudian, lepas penutup saluran air yang ada pada steam dan brewing. Hal ini berguna supaya air dapat masuk hingga ke dalam pemanas sekaligus flushing. Namun, pastikan juga agar tak berlebihan. Tunggu sampai sekitar dua puluh menit atau sampai mesin menjadi panas dan siap digunakan.

Proses menyetel grinder adalah bagian yang paling menantang. Namun, ketika Anda telah menemukan pengaturan dan ukuran yang pas, ekstraksi yang dihasilkan pun tak main-main. Tak mengherankan bahkan jika banyak orang merekomendasikan alat ini karena memang kualitasnya yang begitu baik.

Keunggulan lainnya yang juga bisa Anda dapatkan dari Rancilio Silvia ini adalah terkait kinerja bagian steam. Selain karena prosesnya yang tergolong cepat, hasil akhir microfoam-nya berada di tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin kopi profesional home barista lainnya.

Tahap Pembersihan

Setelah digunakan, tahap pembersihan juga sama pentingnya dengan cara kerja mesin itu sendiri. Anda dapat melakukan backflush, sebuah istilah pembersihan mesin kopi dengan metode menyiramkan air hingga masuk ke lubang yang terdapat di shower screen

Tanpa menggunkaan teknik ini, dikhawatirkan akan ada sisa bubuk kopi yang menempel dan bahkan mengerak di sepanjang saluran air shower screen

Apabila sisa yang menempel ini tak segera dibersihkan, tentu akan sangat merusak cita rasa dari espresso yang dibuat karena baik rasa maupun aromanya telah tercampur dengan kotoran tersebut.  Anda tentu tak ingin kualitas espresso akan turun hanya karena kesalahan ceroboh seperti ini, bukan?

Jadi, demikianlah ulasan komprehensif mengenai mesin Rancilio Silvia keluaran Almergo. Tertarikkah Anda untuk membelinya?

Leave a Reply