V60 kopi tidak dapat dipisahkan dari Hario. Perusahaan yang memproduksi kaca untuk kimia ini memperkenalkan V60 pada tahun 2004 melalui penelitinya yang bernama Tsuruoka. Ia memulai eksperimennya dengan corong kaca kerucut untuk menuang minuman pada tahun 1980. 

Kehadiran V60 mengubah budaya menyeduh kopi di dunia dari Jepang menuju Amerika hingga menyebar ke negara-negara lainnya. Desain V60 pun terus berkembang dan warnanya semakin beragam. Bahkan, kini sudah ada V60 dengan desain custom.

Mengenal Alat Seduh V60 yang Sederhana tetapi Menarik

Alat seduh ini sekilas seperti cangkir biasa, tetapi dapat menghasilkan ekstraksi kopi yang ringan. Desain yang menyerupai cangkir teh itu berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Jepang yang suka minum teh. 

V60 dripper hadir dengan bentuk kerucut dengan sudut 60 derajat dengan permukaan dilengkapi ulir berbentuk diagonal. Dalam menuangkan kopi, ulir tersebut berguna untuk memperlancar aliran air ke seluruh permukaan. 

Desain ini mengangkat filter dari gelas sehingga memungkinkan kopi mendapat perlakuan sempurna selama kontak dengan air. Pada bagian ujungnya, V60 dilengkapi lubang di tengah-tengah sehingga ekstraksinya lebih sempurna. 

Material V60 terbuat dari kaca, plastik, keramik, dan tembaga yang cara kerjanya menggunakan metode pour over. Metode ini telah banyak digunakan di kafe-kafe yang ada di kota besar.

Alat ini didesain untuk menyimpan panas lebih lama dan mengalirkan air ke bawah dengan cepat setelah kopi terekstraksi. Meski kelihatannya sederhana, tetapi dalam menghasilkan kopi dengan alat ini memerlukan ketelitian agar hasilnya nikmat. 

Secara keseluruhan, desainnya dibuat untuk mendukung tekanan air yang terpusat makanya hasil seduhan jadi lebih merata. 

V60 dripper juga cocok digunakan di rumah karena bentuknya yang ringkas dan mudah digunakan. Hanya saja, Anda perlu belajar menyeduh dengan alat ini agar hasilnya memuaskan. 

V60 Kopi

Kelebihan V60 dibandingkan alat seduh lain, yaitu responsif terhadap banyak variabel karena desainnya berupa kerucut dengan sudut 60 derajat. Desain ini memungkinkan air mengalir ke pusat dan memperpanjang durasi kontak dengan kopi. 

Alat ini memiliki satu lubang besar yang dapat mengubah rasa kopi dengan mengatur kecepatan air. V60 juga mempunyai ulir spiral yang naik ke atas sehingga memungkinkan udara keluar hingga perluasan ampas kopi lebih maksimal. 

Paket Menyeduh dengan V60 Kopi

Membuat kopi dengan V60 bisa dikatakan mudah-mudah susah. Kadang air mengalir dengan cepat sehingga Anda perlu memperkirakan kapan penuangan harus dilakukan lagi. 

Untuk menghasilkan kopi yang sempurna, Anda harus menuangkan air panas searah jarum jam tujuannya membantu banyak turbulensi pada badan kopi sehingga ekstraksi kopi menjadi lebih baik.

Di samping memperhatikan caranya, persiapkan juga peralatan yang dibutuhkan seperti:

1. V60

Sebagai coffee dripper, V60 fungsinya sebagai penyaring yang menyangga filter kertas ketika kopi diseduh dengan air panas. V60 adalah salah satu coffee dripper yang paling banyak digunakan. Komponen dripper ini sangat penting untuk membuat kopi dengan metode pour over.

2. Coffee Server

Di samping dripper, Anda juga membutuhkan coffee server fungsinya untuk menampung kopi yang keluar dari penyaring. V60 menggunakan coffee server terpisah. Umumnya dripper dan server dijual dalam satu paket.

3. Timbangan Digital

Timbangan digital sangat penting untuk mengetahui takaran kopi yang konsisten. Untuk satu liter air, idealnya menggunakan 60 gram biji kopi. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan gelas ukur untuk memastikan takaran yang tepat.

4. Penggiling

Setelah biji kopi ditimbang, selanjutnya digiling. Anda dapat menggunakan penggiling jenis manual ataupun elektrik. Semua tergantung pada kebutuhan dan keinginan Anda.

5. Teko / Kettle Gooseneck

Teko berfungsi menampung air, menjaga kestabilan suhu, dan menuangkan air ke dalam dripper. Teko terbuat dari berbagai bahan dan bentuk serta kapasitas yang berbeda. Untuk metode pour over biasanya menggunakan teko berkapasitas 500 ml dengan leher angsa. 

Kopi yang dihasilkan dari V60 kopi mempunyai karakter rasa yang berbeda. Aromanya lebih kuat, kopi lebih bersih, dan rasa yang konsisten tanpa rasa pahit dan terbakar seperti kopi yang dihasilkan dari mesin kopi.

Leave a Reply