The Satisfaction of Grinding Coffee

Servo™ grinder is a solution for your needs, effortless grinding beans never beans easier. The consistency burr ceramic grinder, with high qualit motor and material. Make your coffee taste ultimate better

SERVO 650X

PRODUCT SPEC:

Kopi nikmat tak terbatas hanya ada di kafe-kafe atau kedai kopi terkenal. Jika menggunakan teknik dan bahan yang sama, Anda pun dapat menghasilkan secangkir kopi yang tak kalah enak. Berbekal sebuah grinder kopi murah, di rumah pun Anda bisa mendapatkan kopi yang mantap.

Grinder kopi terbagi menjadi berbagai jenis yang juga memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Pasalnya, setiap mesin grinder menghasilkan cita rasa bubuk kopi yang berbeda. Salah satu grinder yang mudah digunakan dan harganya terjangkau adalah grinder kopi manual.

Selain menghasilkan bubuk kopi siap seduh, menggiling biji kopi juga dianggap sebagai bagian dari ritual menikmati kopi yang sangat menyenangkan. Grinder manual sepenuhnya dikendalikan oleh tangan, sehingga Anda dapat menentukan sendiri kehalusan yang diinginkan. 

Cara Memilih Grinder Kopi yang Bagus

Membeli grinder kopi tidak mudah meski terlihat sederhana. Sebelum membeli coffee grinder, sebaiknya Anda pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Jenis Grinder Kopi

Terdapat dua jenis mesin grinder, yaitu manual dan otomatis. Mesin manual biasanya tampilannya sederhana, dilengkapi tuas penggiling pada bagian atas atau samping. 

Untuk menghancurkan biji kopi, Anda harus memutar tuas tersebut. Sedangkan, mesin giling otomatis menggunakan tenaga listrik dan memiliki pengatur untuk menentukan tingkat kehalusan. 

2. Perhatikan Jenis Pisaunya

Mesin giling juga dibedakan dari jenis pisaunya, yaitu blade dan burr. Jenis pisau burr mampu menggiling biji kopi hingga menjadi bubuk yang benar-benar halus dan rata. Namun, jenis pisau ini memerlukan perawatan rumit dan harus hati-hati ketika menggunakannya. 

Sementara itu, pisau blade cenderung menghasilkan gilingan kasar dan kurang merata. Keunggulannya, blade mampu menggiling kopi dalam jumlah banyak.

3. Kapasitas Wadah Penampung

Pilih penggiling yang memiliki wadah penampung yang menyatu untuk menampung hasil penggilingan. Sehingga, grinder lebih ringkas, praktis, serta hemat.

Meskipun saat ini sangat mudah menemukan kafe dan kedai yang menyajikan kopi berkualitas, bukan berarti Anda tidak boleh meracik kopi sendiri menggunakan grinder

Memilih grinder itu sendiri, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan grinder paling tepat, baik untuk digunakan di rumah maupun untuk bisnis. Untuk digunakan di rumah, sebaiknya Anda memilih grinder berukuran kecil yang ringkas.

Cara Menggunakan Grinder Manual yang Efektif

Grinder terdiri dari tiga jenis. Pertama, grinder duri, grinder dengan motor penggerak listrik yang memiliki piringan berduri untuk menghancurkan biji kopi. 

Kedua, grinder pisau, grinder yang dilengkapi pisau tajam untuk mencacah dan menghancurkan biji kopi. Terakhir, grinder manual dengan cakram bergerigi yang bekerja dengan kekuatan tangan. 

Kopi grinder manual bisa dikatakan teknologi yang cukup tua karena telah digunakan oleh manusia selama berabad-abad. Cara menggunakan grinder, yaitu sebagai berikut.

  1. Isi hopper atau wadah kompartemen dengan biji kopi utuh.
  2. Jika menggunakan grinder duri, longgarkan ring penyetel hingga setengah longgar, agar hasil gilingannya halus. 

Jika diputar setengah putaran, hasilnya gilingan sedang, dan jika ring penyetel diputar dengan belokan dan setengah dua putaran, hasilnya gilingan kopi yang kasar.

  1. Untuk menghasilkan bubuk lebih halus, ubah ring penyetelan dengan gerakan searah jarum jam sambil memegangi poros tengah grinder. Supaya hasil penggilingan stabil, tempatkan ring pengunci pada tempatnya. 

Keunggulan Grinder Manual

Grinder manual bekerja dengan gerigi atau gerinda dari keramik ataupun logam sebagai pengganti motor, sehingga tidak menimbulkan suara berisik ketika digunakan. 

Berbeda dengan grinder lain yang hasil gilingannya tidak terlalu merata, grinder manual mampu menghasilkan gilingan kopi yang konsisten. Dari segi harga, grinder manual lebih murah dibandingkan elektrik karena tidak dilengkapi motor untuk menggerakkan penggiling. 

Grinder manual biasanya berukuran kecil dan mudah dibawa-bawa termasuk berkemah ke gunung. Desain grinder manual saat ini juga beragam, dari yang terlihat antik hingga modern yang cocok menjadi bagian dari dekorasi ruangan rumah Anda.

Untuk perawatan, grinder manual sedikit lebih sederhana dibandingkan grinder elektrik. Kotoran pada grinder manual umumnya bertumpuk di bagian hopper dan grinder

Bersihkan hopper dari partikel apa pun yang melekat di sana menggunakan kain yang bersih dan kering. Pembersihan bagian ini agar grinder manual tahan lama dan kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Grinder kopi murah ternyata tidak sulit didapatkan. Setelah membelinya, tentu Anda harus rajin membersihkan dan merawat agar tahan lama dan terus mampu menghasilkan kopi yang enak.

Leave a Reply