syphon

Syphon coffee mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Alat ini merupakan sebuah penyeduh kopi klasik yang termasuk paling tua. Tidak banyak kedai kopi atau kafe yang menyajikan kopi dengan alat ini. 

Seperti apa syphon coffee dan cara menggunakannya untuk menghasilkan kopi yang nikmat? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Syphon Coffee Maker?

Syphon coffee maker merupakan alat yang dapat menghasilkan kopi dengan metode manual brewing. Syphon coffee diperkenalkan di Eropa sejak tahun 1830 tetapi sangat populer di negara-negara Asia seperti Jepang.

Syphon memiliki dua bagian utama yaitu kontainer yang ada di bagian bawah dan tabung tempat kopi pada bagian atas. Untuk menggunakannya, alat ini dipanaskan menggunakan pemanas berbahan bakar spiritus. 

Cara kerja Syphon tidak jauh berbeda dengan Moka Pot. Ketika tekanan uap air masuk ke pipa kecil atau funnel yang mengalirkan air panas ke dalam kontainer kopi, akan terjadi ekstraksi di sana. 

Pada tempat kopi tersebut, terdapat filter yang akan menyaring ampas kopi dan turun ke kontainer kembali ketika api dimatikan. 

Tampilan alat ini cukup unik dan klasik. Sayangnya, juga agak merepotkan ketika digunakan. Namun bagi pencinta kopi, menghabiskan waktu hampir setengah jam untuk menyeduh secangkir kopi tidak masalah. 

Menyiapkan kopi dengan alat ini tak ubahnya ritual bagi penggemar Syphon coffee maker. Rasa kopi yang dihasilkan oleh alat ini pun begitu istimewa.

Cara Kerja Syphon Coffee 

Metode penyeduhan menggunakan Syphon mirip dengan eksperimen di laboratorium kimia. Alat ini memiliki dua buah tabung kaca yang disatukan. Pada bagian tengahnya, terdapat filter yang memisahkan kopi dengan ampasnya. 

Bentuknya yang unik membuat penggemar kopi pasti ingin mencoba atau membelinya, meski hanya sebagai pajangan di kafe atau di rumah. Membuat kopi menggunakan alat ini pun terlihat begitu menyenangkan.

Cara kerja Syphon sebenarnya sederhana. Tabung pertama berisi air yang dipanasi menggunakan kompor spiritus yang ada di bawah tabung. Saat air mendidih, air akan tertekan hingga berpindah ke tabung lainnya. 

Ketika air sudah berpindah, bubuk kopi dicampurkan ke dalam air, kemudian diaduk sampai rata. Setelah kompor dimatikan, saringan akan bekerja secara otomatis. 

Air bercampur kopi akan mengalir ke tabung pertama dan ampas kopi akan tersaring di tengah sehingga tidak menyisakan kopi pada tabung kedua. 

Alat ini cukup langka, karena jarang digunakan. Harganya tidak terlalu mahal, hanya berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah tergantung jenisnya. Ada yang menggunakan pemanas listrik dan ada pula yang menggunakan pemanas spiritus. 

Tips Menyeduh Kopi Menggunakan Syphon Coffee

Satu set Syphon terdiri dari tempat kopi, dudukan, kontainer air, tungku api, dan penutup tungku. Prosesnya memang tidak semudah menggunakan pour over atau coffee maker otomatis, tetapi bagi penggemar kopi, proses inilah yang dinikmati selain hasilnya yang sangat memuaskan. 

Berikut ini tips menyeduh kopi nikmat dengan Syphon coffee:

  • Perhatikan Suhu Air

Hal yang harus Anda perhatikan adalah air yang dimasukkan ke dalam kontainer, sebaiknya bersuhu ruang atau air panas. Tujuannya agar lebih cepat dalam pemanasan menggunakan burner di bawahnya. 

  • Pasangkan Bagian-Bagiannya dengan Benar

Pasangkan filter pada kontainer bagian atas, setelah itu kaitkan dengan bagian bawah funnel supaya tidak terlepas ketika melakukan brewing. Masukkan kontainer bagian atas ke server bagian bawah. 

  • Gunakan Bubuk Kopi Medium Roast

Masukkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan medium ke dalam kontainer sesuai selera. Jika ingin menggunakan ukuran standar, Anda dapat menggunakan rasio 1:15 atau 1gram kopi untuk 15ml air. 

  • Atur Pemanas Air

Setelah itu, nyalakan api dari alat pemanas di bawah kontainer. Jika pemanas menggunakan spiritus, atur panjang sumbu hingga dapat menyentuh bagian bawah kontainer air. 

Selain menggunakan pemanas bawaan, Anda dapat juga menggunakan gas burner mini yang dijual terpisah untuk mempercepat brewing

Setelah selesai, matikan api dengan cara menutup tungku menggunakan penutupnya. Sesudah kopi mengalir ke bagian bawah seluruhnya, cabut bagian atas kontainer. Tuangkan kopi ke dalam gelas atau cangkir dan kopi siap dinikmati. 

Nah, sudah terbayang bagaimana menghasilkan secangkir kopi dengan Syphon coffee? Tentunya menggunakan alat ini dapat menjadi petualangan meracik kopi yang menyenangkan.

Leave a Reply