Staresso | Portable Coffee Maker | Alat Kopi Unik

Pada umumnya, alat untuk membuat espresso memanfaatkan listrik sebagai daya penggeraknya. Konsumsi listriknya pun tak bisa dianggap kecil, bahkan banyak yang nyaris seribu watt. Namun, akan menjadi lain cerita dengan Staresso

Listrik yang sangat besar ini dimanfaatkan untuk memanaskan air dengan cepat, sehingga air tersebut dapat naik hingga tekanan tertentu untuk mengalirkan hasil ekstrak kopi. Namun, dengan listrik sebesar itu, banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli alat espresso profesional di rumah.

Seiring dengan meningkatnya gaya hidup minum kopi, muncul pula inovasi alat espresso manual yang tak perlu menggunakan listrik. Sehingga, kebiasaan minum kopi dengan cita rasa paripurna dapat dinikmati di rumah tanpa perlu membeli di kedai kopi.

Salah satu brand yang mengeluarkan alat seperti ini adalah Almergo. Terdapat beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari alat ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

 

Keunggulan Staresso

Ukuran Staresso yang kecil adalah salah satu keunggulan yang tak bisa dilewatkan. Dimensinya yang hanya sekitar 25x10x10 cm dan berat sekitar lima ratus gram ini memungkinkan Anda untuk membawanya ketika liburan tanpa perlu merasa kerepotan. 

Apalagi jika Anda bepergian ke tempat di mana mustahil untuk menemukan kedai kopi yang enak, alat ini dapat menjadi penyelamat asupan kafein Anda.

Komponen yang melekat dalam satu kesatuan produk juga tergolong lengkap. Anda akan mendapat satu gelas dengan kapasitas hingga 120 mL, alas gelas, tempat menaruh kopi, sendok kopi yang berfungsi ganda sekaligus menjadi tamper, pompa, dan kuas khusus untuk membersihkan alat. 

Cara Penggunaan Staresso

Cara menggunakannya pun tak terlalu sulit. Pertama, lepaskan dahulu pompa dari badan alat dengan cara diputar sampai terdapat tuas yang muncul. Lakukan secara perlahan. Di awal, posisi pompa ini terkunci erat di bagian tutupnya. Sehingga, kehati-hatian menjadi hal yang penting dalam tahap ini.

Setelah itu, masukkan bubuk kopi ke dalam tempat yang tersedia sebanyak kurang lebih tujuh sampai sepuluh gram. Guna memaksimalkan fungsi alat ini, Anda perlu memastikan ukuran butiran kopi telah sesuai. 

Bila terlalu halus, hasil yang keluar hanya akan berupa air dan tentu rasanya akan mengecewakan. Namun, butiran kopi terlalu besar akan menyumbat saluran dan mengganggu kinerja alat.

Setelah bubuk dengan ukuran yang tepat telah masuk ke dalam tempatnya, tekan terlebih dahulu hingga mampat menggunakan sendok kopi. Masukkan air panas dan putar katupnya. Lalu, proses selanjutnya akan menggunakan pompa.

Tahap paling esensial dalam menggunakan Staresso adalah menciptakan tekanan dari pompa hidrolik yang melibatkan air panas.

Di awal, atau kurang lebih sekitar sepuluh hitungan pertama saat memompa, Anda akan menganggap bahwa menggerakkan pompa akan terasa ringan bahkan sangat mudah. Namun, perlahan tetapi pasti, pompa akan terasa bertambah berat secara konstan. 

Untuk sampai pada tahap keluarnya espresso, dibutuhkan usaha kurang lebih sekitar tiga puluh kali memompa. Dan selama itu, Anda akan merasa bahwa menggunakan alat ini memang memerlukan tenaga yang cukup besar.

Perhatikan bahwa proses memompa haruslah konstan, tidak boleh ada jarak terlalu lama. Tujuannya adalah untuk memastikan kualitas akhir espresso yang dihasilkan. 

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga ritme bekerja. Kalau tidak, tekanan air akan turun signifikan dan usaha Anda dari awal sia-sia. Namun, ketika Anda mampu melakukan ini, Anda akan tercengang dengan kualitas hasil akhirnya yang tak akan mengecewakan.

Langkah-Langkah Pembersihan

Selain memperhatikan bagaimana cara kerjanya, penting juga untuk mengikuti langkah demi langkah pembersihannya. Secara umum, alat kopi apa pun itu, tidak dianjurkan untuk menggunakan cairan pembersih yang mengandung detergen. 

Alasannya, karena khawatir sabun tersebut akan mengganggu aroma dan kualitas kopi. Sebaiknya, gunakan air hangat untuk membilas sisa kopi yang mungkin tertinggal. Setelah itu, jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering. Gunakan kain lap dengan tekstur yang lembut. Gosok secara perlahan.

Apabila Anda menemukan noda kopi yang tak bisa hilang hanya dengan menggunakan air hangat atau panas sekalipun, solusinya adalah baking soda. Campur dengan sedikit air lalu gosok baking soda ke bagian alat kopi yang terdapat noda. Lakukan berulang kali hingga benar-benar bersih.

Jadi, untuk Anda penikmat kopi dengan cita rasa yang paripurna, tertarikkah Anda untuk memiliki Staresso di rumah?

Leave a Reply