Mesin Roasting Kopi | Mesin Pemanggang Kopi | Mesin Gongsengan Kopi

Sebagai pebisnis yang bergerak dalam bidang kuliner kopi, memiliki mesin roasting kopi atau membeli rosted beans yang sudah siap dijadikan minuman adalah kebimbangan besar.

Seperti yang Anda ketahui, membeli roasted beans dari penyuplai memang praktis. Tak perlu repot, cukup menghubungi supplier dan tinggal menunggu kopi datang ke tempat Anda. 

Namun, tentu saja ada banyak hal yang terjadi selama jeda antara waktu roasting sampai kopi tersebut diolah menjadi minuman. Dan, hal tersebut pada akhirnya dapat merusak cita rasa kopi karena tak lagi terasa segar layaknya digoreng sesaat sebelum diolah.

Selain itu, sulit juga untuk mengharapkan biji kopi yang di-roasting namun dengan karakteristik yang cukup ekstrem. Biasanya, ranah light roasted dan dark roasted terlalu sulit untuk diharapkan kualitasnya sesuai dengan tingkat yang Anda inginkan apabila mengandalkan rosted beans

Untuk itulah mengapa memiliki alat untuk menggoreng biji kopi sendiri adalah hal yang cukup esensial dalam menghadirkan cita rasa yang khas dan sempurna bagi para pelanggan café kopi Anda.

Keuntungan Memiliki Alat Roasting Sendiri

Salah satu alat roasting terbaik di kelasnya adalah milik Almergo. Anda dapat menyesuaikan profil roasting biji kopi sesuai dengan alat seduh yang Anda gunakan. Baik itu dark atau medium roasted, semua dapat dieksekusi dengan baik.

Menariknya lagi, Anda tak harus menyediakan biji kopi dalam jumlah banyak hanya untuk melakukan roasting. Bahkan, hanya dengan dua ratus gram pun, Anda sudah dapat menggunakan alat ini. 

Di satu sisi, Anda tak akan menyia-nyiakan biji kopi, berapa pun jumlahnya. Ketika ingin membuat profil yang pekat hanya untuk beberapa cangkir, Anda tak perlu memaksakan diri untuk roasting terlalu banyak biji kopi yang nantinya pun tak akan semuanya terpakai. 

Untuk Anda, yang masih pemula dalam proses mengolah kopi, mungkin masih belum terbiasa dalam mendengarkan kapan letupan biji kopi mulai merekah. Jam terbang yang tinggi pun diperlukan untuk mengamati perubahan warna dari hijau menjadi cokelat kehitaman dengan baik.

Oleh karena itu, pasti Anda akan merasa sangat terbantu dengan adanya fitur yang mampu mengontrol kobaran api, temperatur tabung tempat proses penggorengan kopi terjadi, serta suhu biji kopi itu sendiri. 

Fitur ini akan memberi tahu Anda informasi terakurat mengenai suhu mesin. Usahakan pertahankan di tingkat 170 atau 180 oCelsius selama kurang lebih 21 menit. 

Dengan mengikuti patokan ini, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang optimal. Karena apabila prosesnya terlalu lama, rasa akhir seduhan kopi akan terlalu pahit dan tidak enak. 

Selain itu, mesin ini telah dirancang untuk tetap dapat beroperasi dengan baik sekalipun suplai listrik di tempat Anda tidak terlalu stabil. Bahkan, ketika mendadak terjadi pemadaman listrik, Anda tak perlu khawatir biji kopi akan gagal sepenuhnya.

Untuk mengatasi permasalahan suplai listrik, Anda dapat menghentikan arus listrik dan menggantinya dengan proses manual. Selama sisi drum telah dipasangi suatu tuas, Anda dapat menggunakannya untuk menggiling menggunakan kekuatan tangan. 

Meski cukup berat, setidaknya Anda tak akan mengalami kerugian apa pun karena biji kopi tetap dapat tertangani dengan baik.

Alat ini pun sesungguhnya cenderung hemat energi karena hanya menghabiskan kurang lebih dua ratus watt listrik. Cukup hemat, bukan? Bahkan, sekalipun Anda menggunakannya untuk kebutuhan konsumsi Anda pribadi. 

Cara Membersihkannya

Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan mesin penyangrai kopi ini sehingga awet dan tahan lama. Pertama, Anda dapat merendam bagian portafilter menggunakan air panas setiap selesai digunakan. Proses perendaman cukup dilakukan selama tiga puluh menit.

Apabila Anda telah melengkapi mesin dengan electrovalve tiga arah serta mampu untuk melakukan backflushing, pastikan bagian group head bersih dengan cara menambahkan baking soda ke dalam portafilter sebelum dipasangkan kembali ke group head.  

Nyalakan mesin hingga kurang lebih sepuluh detik, diamkan beberapa saat, lalu nyalakan kembali. Lakukan hingga kurang lebih empat kali.

Dengan menjaga kebersihan mesin roasting kopi, semua keunggulan mesin ini dapat Anda nikmati hingga jangka waktu lama karena mesin terawat dengan sangat baik.

Mesin Roasting Kopi Lokal

 

Leave a Reply