Teko Kopi | Pour Over Kettle Manual Brew

Teko kopi dengan leher menyerupai leher angsa adalah salah satu lambang yang paling jelas dalam konteks manual brewing di era modern ini. Teko tersebut berbeda dengan teko untuk merebus air biasa karena telah didesain dengan mulut yang runcing, gagang yang ergonomis, serta desain elegan.

Desain yang menyerupai leher angsa ini faktanya sangat sempurna untuk menyeduh kopi secara tepat. Namun, meskipun popularitasnya tak perlu diragukan lagi, masih banyak yang bertanya apakah teko kopi ini memang sungguh dibutuhkan untuk membuat kopi dengan teknik seduhan manual? 

Faktanya, ini bukan hanya soal gaya dan estetika. Seorang barista pasti paham bahwa menyeduh kopi dengan teknik pour over manual brew haruslah berhati-hati. Apabila menggunakan air secara sembarangan tanpa ada pengukuran yang jelas, hasil akhirnya pun tak akan enak.

Jadi, keuntungan memakai teko leher angsa adalah supaya Anda memegang kendali penuh akan berapa banyak air yang akan dikeluarkan. Setiap air yang jatuh ke gelas saji kopi membawa pengaruh di hasil akhirnya. Dan, Anda tak akan bisa mengontrol putaran, laju, serta aliran air menggunakan teko biasa.

Salah satu rekomendasi terbaik untuk mendapatkan teko leher angsa adalah brand Almergo. Alasannya adalah karena tak hanya bagus dari segi estetika dan fungsi utama, namun juga terdapat beberapa fitur unggulan yang belum tentu Anda temukan di brand lainnya.

Gooseneck Kettle, Teko Berbentuk Leher Angsa by Almergo

Suhu adalah hal yang sangat esensial dalam menentukan kualitas kopi, baik cita rasa maupun aromanya. Namun, terkadang, cukup sulit menentukan apakah air yang telah direbus sudah mencapai suhu yang ideal atau masih harus didiamkan terlebih dahulu.

Namun, ketika membiarkannya terlalu lama, dikhawatirkan suhunya akan turun drastis yang menyebabkan seduhan kopi terasa “kurang matang”.

Untungnya, teko leher angsa dari Almergo telah dilengkapi dengan fitur pengatur suhu. Sehingga, Anda tak perlu lagi harus melakukan perkiraan kasar tanpa dasar saat akan menuang air panas.

Berbeda dengan mayoritas alat kopi yang berbahan dasar stainless steel atau kaca, teko ini berbahan dasar tembaga yang mampu menahan suhu panas dengan baik. Bahkan, tembaga diyakini mampu mencegah kontaminasi bakteri sehingga air yang ada lebih aman untuk dikonsumsi.

Tembaga dengan warna kuning yang sangat khas ini juga membuat peralatan seduhan kopi Anda terlihat lebih berkelas, mahal, dan penuh gaya.

Desainnya yang sangat ergonomis, terutama bagian gagang dan penampang badan teko, membuat alat ini sangat nyaman untuk digenggam dan digunakan. 

Pada saat menuang pun Anda tak perlu khawatir akan selip atau terpeleset dari tangan karena telah dirancang dengan gerigi khusus yang menyesuaikan dengan bentuk tangan. 

Selain itu, dengan jarak yang pas antara gagang dengan penampang badan teko membuat jari Anda terhindar dari kecelakaan seperti melepuh karena bersentuhan dengan dinding teko yang amat panas.

Spout atau mulut leher yang dibuat sangat runcing dengan desain yang khas ini membuat aliran air tipis dan terputus-putus. Jadi, jangan khawatir akan menuang terlalu banyak air ke dalam gelas. Semua akan pas sesuai dengan takaran ideal Anda.

Panduan Membersihkan Teko Kopi

Meskipun fungsi utama teko kopi ini adalah untuk menampung air panas, namun bukan berarti Anda dapat menggunakannya berulang kali tanpa diimbangi dengan metode pembersihan yang sesuai. 

Padahal, membersihkan dengan baik akan membantu merawat alat Anda sehingga lebih tahan lama. Selain itu, kualitasnya untuk menyeduh kopi pun menjadi lebih maksimal.

Cara pembersihannya memang sedikit berbeda, namun bukan berarti sulit untuk dilakukan. Pertama, siapkan air, cuka makanan, sikat botol, serta lap dengan tekstur permukaan microfiber.

Campur cuka ke dalam air. Aduk hingga merata, lalu masukkan ke dalam teko. Rebus air campuran cuka ini hingga mendidih, buang air cuka dan diamkan sampai teko tak lagi terasa panas. 

Untuk bagian luarnya, cukup usap dengan kain lap yang lembut hingga semua kotoran terangkat bersih. Lakukan secara merata hingga ke sela-sela leher. Karena ini adalah salah satu bagian yang paling kotor. 

Ambil sikat botol dan gunakan untuk menyikat bagian dalamnya. Jangan terlalu kuat menggosok karena takut akan menggores lapisan terluarnya. Pastikan sampai bersih. Setelah itu, bilas teko di bawah air yang mengalir.

Jadi, demikianlah teko kopi Almergo yang membawa banyak fitur bermanfaat untuk Anda. Tertarik untuk membelinya?

Leave a Reply