Milk Frother

Sulit rasanya untuk menyangkal kenikmatan espresso. Rasa yang tebal dan pekat memang menawarkan sensasi kesegaran yang khas. Namun, banyak orang menetralkan rasa pahit yang kental ini dengan menggunakan susu. Apabila Anda salah satunya, istilah milk frother pasti tak asing lagi di telinga. 

Sesungguhnya, ada beberapa opsi dalam menambahkan susu ke dalam espresso. Ada yang memakai susu steam yang terbuat dari susu segar. Ada juga milk froth yang merupakan busa susu lembut ringan, namun tetap nikmat. Untuk membuat milk froth, maka Anda membutuhkan milk frother.

Seperti namanya, milk frother adalah alat untuk menghasilkan busa susu. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membuka kedai kopi namun membeli mesin espresso terasa sangat mahal, maka milk frother ini dapat menjadi investasi berharga sekaligus membuat pengeluaran lebih efisien.

Jenis-Jenis Milk Frother

Secara umum, ada dua jenis milk frother: manual dan otomatis. Alat yang manual memang lebih praktis, namun Anda perlu mengalokasikan lebih banyak waktu untuk menggunakannya. Apabila Anda ingin yang praktis, mesin otomatis yang menggunakan listrik adalah pilihan terbaik.

Almergo memberi berbagai pilihan kepada Anda, mulai dari manual hingga listrik, serta dari berbagai harga. Hal ini sangat memudahkan Anda untuk menyesuaikan alat sesuai dengan kebutuhan dan frekuensi pemakaian. Semakin sering digunakan, tentu akan lebih mudah untuk memilih yang otomatis.

Tiga Tombol Sajian

Apabila Anda memilih alat yang menggunakan listrik, terdapat dua komponen utama, yaitu bagian pemanas untuk merubah susu menjadi buih susu dan jar. 

Kapasitas susu yang mampu ditampung juga cukup besar, yaitu sekitar 240 ml. Sehingga, cukup ideal untuk konsumsi pribadi bersama anggota keluarga lain, atau untuk bisnis kedai kopi Anda. 

Terlebih lagi, alat ini dapat menyesuaikan kebutuhan Anda berkat tiga tombol yang melekat di panel mesinnya, yakni tombol hangat, panas, dan dingin. Sangat bermanfaat ketika Anda menginginkan es cappuccino saat matahari sedang terik, atau latte panas yang nikmat disajikan saat udara dingin.

Nyaris tanpa Suara

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan suara bising dari alat kopi? Ya, proses mengubah susu menjadi buih atau memecah biji kopi memang terkadang menimbulkan bunyi yang kurang nyaman. 

Namun, mesin Almergo ini hanya mengeluarkan suara desisan pelan. Sangat nyaman untuk dioperasikan sehari-hari. 

Aktivitas minum kopi di pagi hari memang terasa sangat ideal, namun juga identik dengan terburu-buru untuk berangkat ke kantor, sehingga tak banyak waktu yang bisa dialokasikan untuk menikmati kopi yang paripurna. 

Beruntungnya, waktu yang dibutuhkan untuk frothing dengan alat ini hanyalah dua hingga tiga menit. Sangat cepat dan praktis. Anda pun tak perlu harus terus-menerus mengecek mesin, karena alat ini dapat bekerja secara otomatis.

Cara Penggunaan Milk Frother Almergo

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda cukup menuang susu ke dalam jar tanpa melebihi garis batas yang sudah tertera di alat tersebut. Dalam satu ukuran maksimal, Anda dapat menentukan sendiri apakah akan menggunakan susu untuk satu kali penyajian atau dua.

Pasang penutup jar, lalu tekan tombol sesuai yang diinginkan. Pilih yang bergambar menyerupai es untuk membuat es kopi dan yang bergambar uap untuk membuat foam cappuccino hangat.

Setelah itu, tunggu sebentar. Sembari mesin bekerja, Anda bisa menyiapkan cangkir ataupun bubuk kopi yang akan digunakan lalu menyeduhnya sesuai cara yang paling Anda gemari. Apabila telah selesai beroperasi, mesin akan otomatis berhenti tanpa perlu menekan tombol apa pun. Sangat mudah.

Cara Perawatan Mesin

Selesai digunakan, jangan lupa segera bersihkan alat. Gunakan lap basah atau kain lembap untuk membersihkan sisa susu. Pastikan tak ada yang tersisa di sela-sela. Lalu, sikat bagian dalam jar dengan sikat halus yang direkomendasikan untuk memastikan tak ada gumpalan susu yang tertinggal.

Katup uap perlu dibersihkan pula. Buka penutupnya, biarkan hingga kurang lebih 30 detik, lalu tutup kembali. Lakukan langkah ini setelah Anda membersihkan tongkat uap. 

Caranya dapat mengikuti metode pembersihan jar di atas atau dengan cara mencelupkannya ke dalam ember berisi air hangat hingga seluruh kotoran luruh. Dapat juga ditambahkan cairan pencuci piring, namun pastikan sesuai dengan petunjuk penggunaan. Setelah bersih, bilas dan keringkan.

 

Jadi, demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan, cara menggunakan, serta metode pembersihannya. Sangat cocok untuk segala kebutuhan Anda. Tertarik untuk membelinya? 

Leave a Reply