French press mungkin belum akrab bagi Anda yang terbiasa minum kopi dari mesin atau kopi yang diseduh dengan metode tubruk. Alat ini menghasilkan ekstrak kopi dengan menekan ampas kopi dari tutupnya, sehingga Anda dapat menikmati kopi yang bersih tanpa ampas.  

Alat seduh ini termasuk paling mudah karena hanya perlu tiga langkah untuk menyajikan kopi yaitu; siram bubuk kopi, tekan, dan tuangkan air kopi ke dalam cangkir. Tak hanya itu, harganya yang murah, hanya sekitar Rp60 ribu, membuat alat ini mampu dimiliki siapa pun. 

Cara Menyajikan Kopi dengan French Press

Menghasilkan secangkir kopi dengan alat seduh manual ini sangat mudah. Setelah menyiapkan bubuk kopi, air, dan French press, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Timbang bubuk kopi kasar kira-kira 10-16 gram. Memilih bubuk kopi bertujuan mengurangi ampas yang ikut tertuang ke dalam minuman Anda.  
  2. Panaskan air dengan suhu antara 90-95 derajat atau diamkan air mendidih selama sekitar 1 menit untuk mendapatkan suhu yang tepat. 
  3. Masukkan bubuk kopi ke dalam French press, tuangkan sebagian air panas sampai membasahi bubuk kopi secara merata lalu diamkan 30 sampai 45 detik. Dalam proses ini, kopi melepaskan karbon dan aroma kopi yang kuat akan tercium. 
  4. Setelah 30 detik, tuangkan sisa air panas, kemudian tutup dan biarkan selama kurang lebih 4 menit. Press secara perlahan agar ampas terpisah dari air lalu tuangkan kopi ke dalam cangkir.

Secangkir kopi beraroma dan rasa istimewa pun siap dinikmati.

Tips Menyajikan Kopi dengan French Press

Kopi yang dihasilkan dari French press memiliki aroma yang lebih kuat dan harum. Agar lebih nikmat, ikuti tips berikut:

1. Gunakan Air dan Kopi yang Berkualitas

Agar menghasilkan kopi yang enak, Anda harus memperhatikan kualitas air. Pastikan wadah air benar-benar bersih sehingga air tidak terkontaminasi. 

Pastikan Anda memilih kopi yang segar dan berkualitas yang baru disangrai. Biji kopi yang sudah terlalu lama dibiarkan terpapar udara tidak dapat menghasilkan rasa yang seenak biji kopi segar. 

2. Giling Biji Kopi Sebelum Diseduh

Untuk diseduh dengan French press, sebaiknya pilih kopi yang baru digiling, bukan yang sudah berbentuk bubuk dan lama disimpan untuk menghasilkan rasa dan aroma terbaik. 

3. Gunakan Takaran Anda Sendiri

French press memiliki ukuran standar yaitu 18-20 gram kopi untuk 8 oz air. Namun, ukuran ini bukan patokan baku, Anda dapat menggunakan takaran sesuai dengan keinginan untuk hasil yang lebih memuaskan. 

4. Perhatikan Temperatur Air 

Air yang terlalu panas akan menghasilkan kopi yang pahit. Oleh sebab itu, turunkan suhu dari titik didih sebelum digunakan untuk menyeduh kopi. Suhu ideal air untuk menyeduh kopi ialah sekitar 94 derajat atau diamkan sekitar 30 detik setelah mendidih. 

5. Ketepatan Waktu Menyeduh 

Proses penyeduhan harus tepat. Jika terlalu singkat, hasilnya kopi akan asam. Akan tetapi, kalau terlalu lama, hasilnya kopi akan pahit. Untuk hasil maksimal, biarkan kopi di dalam French press selama 4 menit sebelum dinikmati. 

6. Tekan dengan Hati-hati

Saat menekan, lakukan dengan hati-hati. Jika terlalu keras, kopi akan menyemprot dan menjadi berantakan. 

Jangan sisakan kopi di dalam French press karena hasilnya akan terlalu pahit. Sebaiknya tuangkan ke dalam cangkir lain jika Anda menyeduh terlalu banyak. 

Cara Membersihkan

French press memang agak sulit dibersihkan. Ampas yang menumpuk di dasar alat ini cukup susah dihilangkan. Belum lagi bagian plunge yang membutuhkan perawatan khusus agar tahan lama dan tidak mudah rusak. 

Namun, ada cara mudah untuk mencuci French press Anda dengan sebuah trik. Pertama, isi French press dengan air untuk melepaskan ampas dari dasar tekonya. Setelah itu, tuangkan isinya ke dalam saringan. 

Dengan cara itu, ampas dapat dikeluarkan. Kemudian, aduk saringan sambil mengeluarkan airnya. Isi teko dengan air hangat dan sabun. 

Untuk membersihkan bagian plunger, tekan bagian atasnya ke dalam teko yang sudah diisi air dan sabun beberapa kali. Cara ini juga dapat membantu membersihkan bagian dalam teko selain menghilangkan ampas yang tersisa.

Nah, setelah mengenal French press, saatnya Anda beralih dari metode biasa untuk mendapatkan sensasi menikmati kopi yang berbeda, juga rasa yang lebih mantap.

Apa itu French Press ?
Jika Anda baru saja mendengar tentang metode pembuatan bir ini, Anda mungkin berpikir pers Prancis (juga disebut kafetaria di Inggris) adalah cara baru untuk membuat kopi. Meskipun asal-usulnya agak tidak jelas, sudah ada di berbagai iterasi selama lebih dari 100 tahun.

Desain saat ini, bagaimanapun, dipatenkan pada tahun 1929 oleh Attilo Calimani, yang, secara mengejutkan, adalah Italia — bukan Prancis. Desain modern itu sendiri cukup sederhana, terdiri dari teko (kadang-kadang disebut gelas) dan rakitan pendorong.

Kaca Borosilikat: Bahan khusus ini mengandung silika dan boron trioksida untuk membuatnya sangat tahan terhadap goncangan termal. Itu berarti menuangkan air panas ke dalam botol borosilikat tidak akan menyebabkan gelas meledak. Ini adalah hal yang sama dengan kebanyakan bakeware gelas terdiri dari. Sayangnya, jika Anda menjatuhkan gelas Prancis pada lantai ubin Anda, komposisi gelas itu mungkin tidak akan membantu Anda.

Stoneware atau Ceramic: Gaya teko pers Prancis yang kurang umum ini cenderung sedikit mahal, tetapi indah. Sering tersedia dalam pelangi warna enamel, periuk dan keramik Prancis tekan juga secara internal dilapisi untuk menahan noda dan bau. Sebagian besar periuk periuk aman untuk dicuci dengan mesin pencuci piring. Mereka kokoh dan tahan terhadap suhu ekstrem, tetapi juga mudah pecah.

Stainless Steel: Jika Anda ingin pers Perancis yang tidak mudah pecah, pilih satu dengan teko stainless steel. Biasanya, mereka berdinding ganda dan tertutup rapat, seperti mug perjalanan tugas berat, sehingga kopi Anda tetap panas selama berjam-jam. Stainless steel Prancis menekan tersedia dalam selesai disikat atau dipoles. Anda akan menemukan beberapa pilihan warna di antara gaya sapuan akhir, sementara yang dipoles memiliki sentuhan akhir cermin, hampir seperti perak murni. Daya tahan akan bervariasi berdasarkan model, tetapi Anda dapat yakin bahwa stainless steel tidak akan hancur di lantai dapur Anda.

Plastik: Saat Anda membeli pers Prancis yang memiliki reputasi baik, botol plastiknya akan dibuat dari styrene-acrylonitrile (SAN) dan bebas dari bisphenol-A (BPA). SAN adalah jenis plastik yang sangat tahan lama, yang akan tahan terhadap suhu tinggi tanpa melengkung atau melarutkan bahan kimia. BPA memiliki dampak kesehatan yang mungkin negatif, dan dapat masuk ke dalam makanan dan minuman ketika plastik yang mengandungnya terpapar panas, seperti air mendidih. Karena Anda akan menggunakan air panas untuk menyeduh kopi pers Prancis Anda, pastikan untuk mencari botol bebas BPA yang dibuat dari SAN.

Leave a Reply