Coffee maker murah tentunya diinginkan oleh semua pecinta kopi untuk digunakan  menikmati kopi hasil seduhan yang nikmat. Coffee maker memberikan pengalaman berbeda kepada pencinta kopi. Tak harus di kedai kopi, kini Anda pun bisa menyesap kopi nikmat di rumah dengan coffee maker rumahan sederhana.

Cara menyeduh menggunakan coffee maker pun sangat mudah, cukup dengan memasukkan air ke dalam tempat penampung air dan bubuk kopi ke dalam kotak dengan saringan kopi. Takaran bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. 

Setelah itu, hidupkan coffee maker yang akan menyeduh kopi sendiri secara otomatis. Sesudah proses seduh selesai, tuangkan kopi ke dalam cangkir, kopi pun siap diminum. Selain mudah, kopi juga memiliki aroma dan rasa yang tak kalah nikmat dengan kopi di kafe terkenal.

Tips Sebelum Membeli Coffee Maker Murah

Memiliki coffee maker di rumah terbukti mempunyai banyak manfaat. Dengan coffee maker milik sendiri di rumah, Anda bisa berhemat uang, waktu, dan tenaga yang dihabiskan untuk membeli kopi di kafe. 

Selain itu, alat ini memungkinkan Anda membuat jenis kopi apa saja yang diinginkan, seperti kopi hitam dan kopi vietnam. Tentu saja ini tergantung jenis coffee maker yang Anda miliki. 

Bagi Anda yang tak dapat melewatkan satu hari pun tanpa kopi, alat ini tampaknya wajib dibeli. Namun, jangan asal beli, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Banyaknya Hasil Seduhan

Kuantitas hasil seduhan yang Anda butuhkan akan memengaruhi coffee maker apa yang harus dibeli. 

Jika setiap menyeduh Anda harus menyediakan lima cangkir kopi, misalnya, jangan membeli coffee maker dengan kapasitas hanya satu cangkir. Tentunya ini akan menyulitkan Anda. 

2. Tipe Kopi yang Sesuai

Coffee maker tipe tertentu biasanya juga cocok untuk jenis kopi tertentu. Oleh sebab itu, ketahui kopi apa yang Anda sukai untuk dikonsumsi baik kopi vietnam, espresso, maupun kopi hitam. Kemudian tentukan coffee maker yang cocok untuk mendapatkan hasil seduhan maksimal. 

3. Harga Coffee maker

Harga coffee maker bervariasi, tetapi secara umum memang tidak murah. Jika memungkinkan, lakukan survei di beberapa tempat dan beberapa jenis coffee maker yang sesuai dengan bujet yang Anda miliki. 

Harga tentunya akan sebanding dengan kepuasan yang didapatkan, tetapi Anda tetap harus cermat dalam membeli. 

4. Cara Penggunaan

Bagi Anda yang sibuk setiap pagi untuk persiapan beraktivitas, pastinya membutuhkan coffee maker yang otomatis dan cepat agar membantu meringankan tugas Anda di pagi hari. Maka, coffee maker yang Anda butuhkan seperti French press, penyaring kopi, dan pour over

Sebaliknya, jika Anda akan menggunakan coffee maker di saat santai, bisa memilih yang lebih lengkap dan kompleks untuk dibeli.

5. Tempat Meletakkan Coffee maker

Pertimbangkan apakah Anda memiliki cukup ruang di dapur untuk meletakkan coffee maker jika ingin membeli yang berukuran agak besar. Jika tidak, pilihlah coffee maker dengan ukuran lebih kecil yang menghemat area penyimpanan. 

6. Fitur Tambahan

Beberapa coffee maker dilengkapi fitur tambahan seperti penggiling biji kopi, penghangat, dan saringan air. Namun, bukan berarti Anda harus memilih mesin yang menawarkan banyak fitur tambahan. 

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, karena semakin lengkap fiturnya biasanya harganya pun akan semakin lebih mahal. 

Cara Membersihkan Coffee Maker

Kebanyakan coffee maker terlihat sulit dibersihkan karena memiliki bagian-bagian tertentu yang tampak kompleks. Namun, jika tidak dibersihkan, endapan sisa ampas akan memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan khusus secara berkala untuk membersihkan setiap bagian dari coffee maker

Membersihkan coffee maker dapat dilakukan dengan campuran cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Larutan cuka dapat melarutkan pengapuran yang diakibatkan oleh mineral pada air dalam waktu yang lama. 

Setelah dicuci dengan cuka, bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Waktu pembersihan ini dapat disesuaikan dengan kekerapan menggunakannya. Untuk pembersihan harian, cukup Anda cuci dengan air dan sabun seperti biasa setelah digunakan.

Nah, tips di atas akan sangat membantu ketika ingin membeli sebuah coffee maker, terutama untuk Anda yang baru mulai belajar menyeduh kopi dengan alat ini. Pastikan Anda juga benar-benar memahami cara kerja dan rutin merawatnya agar tetap awet dan berfungsi normal.

Leave a Reply