Brand Bialetti

Dahulu, para penikmat kopi yang gemar memakai pot moka manual harus bergantung pada kompor sebagai sumber daya utama. Cara ini dianggap kurang praktis, terutama apabila digunakan selama bepergian. Inovasi Produk Bialetti terbaru yang diluncurkan oleh Almergo adalah solusi praktis untuk Anda.

Bialetti adalah pot moka keluaran terbaru yang sangat tepat digunakan untuk Anda yang sibuk namun ingin selalu menikmati kopi dengan cita rasa sempurna. Sehingga, Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyajikan secangkir kopi. Rasanya pun tak kalah dibandingkan alat profesional lain.

Almergo selalu berkomitmen untuk menciptakan alat yang tak hanya estetik untuk dipandang tetapi juga memiliki kualitas yang prima. Bagian luar alat ini dilapis dengan aluminium alloy untuk menunjang kualitas pengolahan kopi serta membuatnya tahan lama, awet, dan kokoh.

Karena ini adalah alat seduh espresso dalam bentuk bukan mesin, cara kerjanya relatif lebih sederhanya dibandingkan mesin lainnya. Rongga di antara tabung bawah dan atas adalah tempat di mana bubuk kopi diletakkan, untuk kemudian dialirkan oleh air panas dari bawah menuju atas.

Kelebihan Bialetti Almergo

bialetti moka inductionSalah satu kelebihan yang tak Anda dapat dari produk lainnya adalah ekstraksi kopi yang dihasilkan akan keluar melalui dua saluran khusus yang akan jatuh langsung ke dalam cangkir Anda. Kopi yang telah siap minum ini akan terasa tebal serta aromanya pekat. 

Ada hal unik dari alat ini terutama pada bagian voltase. Seperti yang diketahui, secara umum tegangan listrik di Indonesia adalah 220 volt. Maka, apabila ada barang elektronik buatan luar negeri yang memiliki nilai tegangan tak sesuai, hal tersebut dapat memicu arus pendek atau merusak alat itu sendiri.

Namun, alat ini telah mengadaptasi teknologi terbaru, yaitu auto voltage. Hal ini akan mengantisipasi perbedaan tegangan listrik yang ada, dan tentu saja akan sangat bermanfaat ketika Anda bepergian ke luar negeri serta tak ingin meninggalkan gaya hidup minum kopi sesuai kesukaan Anda.

Sehingga, secara umum, alat ini dirancang untuk menjadi alat yang lebih aman dibandingkan dengan alat kopi listrik lainnya.

Cara Penggunaan

Alat ini sangat cocok untuk Anda yang mengidolakan rasa kopi kental yang kuat. Dibandingkan dengan kopi hitam biasa, rasa yang dihasilkan mesin ini memang cenderung lebih khas dan pekat karena konsentrasi airnya lebih sedikit.

Cara menggunakannya pun relatif sederhana, sehingga Anda tak perlu membuang waktu untuk mempelajarinya. Pertama, isi air ke dalam tabung yang tersedia, kemudian masukkan kopi melalui corong. Pilih bubuk yang relatif masih kasar dan jangan sampai ada bubuk yang masuk ke tepi saringan.

Eratkan setiap bagian, mulai dari tempat air, saringan kopi, serta selang hingga semuanya terkunci dengan baik. Setelah itu, barulah alat ini bisa disambungkan ke listrik. Jangan lupa untuk meletakkan cangkir di bawah lubang keluaran ekstraksi kopi, agar kopi yang keluar tak mengotori meja dapur Anda.

Apabila kopi telah tertuang merata, kopi pun siap dinikmati.

Proses Pembersihan

Proses pembersihan juga relatif sederhana. Ini adalah salah satu hal yang menentukan keawetan alat serta kualitas kopi pada penyeduhan selanjutnya. 

Caranya, cukup dengan melepas setiap komponen yang ada dan membilas semua bagian tersebut dengan air hangat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap kering. Jangan biarkan ada tetesan air yang tertinggal karena dapat meninggalkan noda di permukaan aluminium tersebut.

Penting untuk diingat, dalam mencuci Bialetti, jangan pernah menggunakan sabun ataupun cairan pembersih apa pun yang terdapat kandungan detergen di dalamnya. Apabila terdapat gumpalan kopi yang mengganggu, cukup siram dengan air panas hingga hilang sepenuhnya.

Mengapa? Karena dikhawatirkan bahwa deterjen yang Anda pakai justru memengaruhi bau dari alat kopi Anda. Sehingga, ketika akan menyeduh kopi di kemudian hari, bau ini akan merusak aroma asli kopi. Tentu Anda tak ingin kenikmatan minum kopi terganggu hanya karena sabun cuci piring, kan?

Lap yang digunakan untuk mengeringkan juga perlu diperhatikan. Pilih yang tekstur permukaannya paling lembut. 

Teknik mengelap khusus bagian gasket, funnel, serta pelat saringan ada pada peletakan bagian-bagian tersebut. Usahakan untuk meletakkannya dalam kondisi menghadap ke atas supaya residu yang ada menjadi kering seutuhnya.

Dapat disimpulkan, alat ini memiliki keunggulan dalam segi estetika, keamanan, cara kerja, serta metode pembersihannya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk memilih Bialetti dari Almergo ini.

Leave a Reply