Alat Kopi Manual | Jenis dan Harga Alat Kopi Manual

Menikmati kopi sambil santai atau bekerja menjadi suatu kebutuhan dan gaya hidup bagi sebagian orang. Agar dapat menikmati kopi kapan saja, diperlukan alat kopi manual di rumah atau di kantor. 

Mengapa manual? Karena alat ini praktis, mudah digunakan, dan harganya terjangkau. Inilah beberapa contoh alat pembuat kopi manual yang bisa Anda beli untuk keperluan di rumah, kantor, atau kedai kopi kecil.

Alat Kopi Manual ini Wajib dimiliki pecinta Kopi

1. Hand Grinder

Kopi yang enak bisa didapat dari biji kopi segar. Selain membeli alat seduh, Anda juga wajib mempunyai grinder. Kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang digiling sebelum diseduh memiliki rasa yang lebih kuat daripada kopi bubuk. 

Berbekal grinder manual, Anda dapat memperkirakan tingkat kehalusan bubuk kopi yang dibutuhkan. 

2. Moka Pot

Moka pot merupakan alat kopi tradisional dari Italia yang sudah digunakan sejak tahun 1930-an. Alat ini memungkinkan Anda mengatur suhu untuk menyeduh kopi. Jika suhu terlalu panas, kopi akan terasa lebih pahit. 

Prinsip kerjanya dilakukan dengan menggunakan tekanan uap tinggi. Moka pot dipanaskan dan air yang mendidih akan menekan bubuk kopi sehingga menembus saringan di atasnya. Hasil penyeduhan akan keluar lewat corong dan memenuhi bejana di atasnya. 

3. French Press

French press dapat menghasilkan kopi hitam dengan cepat dan mudah dalam jumlah cukup banyak, tergantung kapasitasnya. 

Alat ini berbentuk silinder dengan tutup yang dilengkapi dengan pompa mini yang disebut plunger yang dilengkapi saringan untuk menekan air panas sehingga dapat menembus ke kopi yang telah digiling. 

Cara menggunakannya, yaitu masukkan kopi ke dalam bejana. Kemudian, seduh dengan air panas kurang lebih 4 menit. Setelah itu, tekan plunger secara perlahan sampai ampas kopi tertekan ke dasar. 

4. Vietnam Drip

Vietnam drip merupakan metode penyeduhan kopi yang unik dari Vietnam. Ketika kopi diseduh dengan filter, hasil ekstraksi akan menetes melalui lubang di tengahnya ke dalam cangkir. Vietnam drip dapat menghasilkan kopi dengan cepat dengan rasa yang tidak terlalu pekat.

Tampilannya sederhana, hanya berupa saringan atas, saringan bawah, tamper, penutup, dan cangkir. Tamper-nya terdiri dari dua jenis, yaitu tamper sekrup untuk memberikan tekanan dan tamper tanpa sekrup untuk tekanan dengan mengandalkan gravitasi. 

Cara membuat kopi dengan alat ini yaitu padatkan bubuk kopi dan tuangkan air perlahan. Kopi akan menetes hingga hanya ampas saja yang tersisa pada bagian dalam dripper. Anda dapat menambahkan susu kental manis untuk menghasilkan kopi susu khas Vietnam. 

5. Pour Over

Pour over merupakan metode seduh yang praktis, tetapi dapat menghasilkan rasa yang sempurna. Beberapa alat pour over yang dikenal seperti Chemex dan V60. 

V60 berbentuk kerucut dengan satu lubang di dasarnya. Lubang tersebut dapat mengontrol waktu keluarnya air. Desainnya menyerupai cangkir dengan lubang di bagian bawahnya. Kopi dihasilkan tetes demi tetes sehingga rasanya pun istimewa. 

Bahan material V60 pun beragam seperti, keramik, plastik, dan tembaga. Alat ini memungkinkan Anda mengeksplorasi rasa dari tekstur bubuk kopi, suhu air, dan cara menuangkannya. 

Lain halnya dengan Chemex yang berbentuk seperti labu dengan saringan di bagian tengahnya, untuk mendapatkan kopi yang bersih, jernih, dan memiliki rasa yang sempurna. 

6. AeroPress

Aeropress merupakan pembuat kopi yang bentuknya seperti alat suntik raksasa. Dengan alat ini, Anda dapat menghasilkan dengan lebih cepat menggunakan metode tekanan udara. Hasilnya, racikan kopi akan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan metode pour over

Material Aeropress menggunakan material khusus yang membuatnya tidak mudah rusak. Bagian Aeropress terdiri dari chamber, plunger, dan cap

Alat ini memerlukan saringan untuk menyaring bubuk kopi yang diseduh dengan cara menekannya. Selain mudah digunakan, alat ini juga tidak sulit dibersihkan.

7. Syphon

Syphon terdiri dari dua tabung yaitu hopper yang berbentuk corong dan bulb di bagian bawah yang bentuknya seperti lampu bohlam. Bagian bulb berfungsi memanaskan air sampai mendidih. 

Setelah mendidih, air akan naik ke hopper. Sementara air mendidih, bubuk kopi akan dimasukkan ke dalam hopper. Matikan api setelah beberapa menit, hasil ekstraksi pun akan turun kembali ke bulb, sementara ampasnya tersaring dan tertinggal pada hopper

Itulah beberapa alat kopi manual yang mampu menghasilkan rasa kopi yang kaya. Bagi Anda yang gemar bereksperimen, tidak ada salahnya mengoleksi beberapa alat kopi untuk menghasilkan beragam rasa kopi.

Leave a Reply